Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Cara Menghapus Virus Sortcut Pada Komputer Tanpa Antivirus

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer -  Virus shortcut merupakan virus yang kinerjanya menggandakan suatu folder atau file, kemudian file aslinya disembunyaikan atau biasanya disebut dihidden. Bila kamu mengalami masalah seperti ini, yakni terdapat icon shortcut pada file ataupun folder yang terdapat pada komputer kamu maka kemungkinan besar komputer kamu telah terinfeksi virus shortcut.

Penyebab sebuah komputer terinfeksi virus adalah kurangnya penanganan dalam mengatasi virus, mungkin pada komputer anda tidak terinstal antivirus yang cukup baik, selain itu terkadang suatu komputer yang telah terinsatal antivirus masih bisa terinfeksi virus jika program antivirus pada komputer anda tidak aktif atau tidak terupdate secara berkala.


Banyak yang mengira bahwa apabila sebuah komputer yang terinfeksi virus shortcut datanya hilang, persepsi seperti itu sangat disalahkan sebab hampir semua virus pada komputer kinerjanya hanya menyembunyikan file atau data saja. 

Bagi kamu kususnya pengguna komputer yang mungkin saat ini mengalami datanya hilang tiba-tiba, serta terdapat nama file ata folder persis seperti aslinya akan tetapi terdapat simbol shortcut dan ketika dibuka maka file atau folder tersebut tidak ada datanya, maka sudah bisa dipastikan komputer anda terinfeksi virus shortcut.

bagaimana cara menghapus virus pada komputer
menghapus virus shortcut


Cara Mengatasi Virus Shortcut


Ada beberapa cara untuk mengatasi jenis virus shortcut ini, langkah pertama kamu dapat menghilangkanya dengan menggunakan beberapa antivirus yang performanya cukup baik seperti AVG, Avira, Avast serta antivirus yang menerut kamu baik. Silahkan istal antivirus pada komputer kamu, selanjutnya scan semua data pada komputer kamu baik pada local disk C, Locac Disk D, dan Local Disk E bila komputer kamu terdapat tiga partisi.

Selain cara diatas bila kamu dalam keadaan buru-buru, untuk mengambil data yan disembunyikan oleh antivirus tersebut caranya dengan memunculkan semua file atau data pada komputer kamu seperti pada artikel ini Mengembalikan Data Yang Hilang


Menghapus Virus Shortcut Dan Autorun.inf Pada Komputer 


  1. Buka Run pada komputer kamu dengan menekan tombol Windows + R pada keybord atau klik start => RU. 
  2. Selanjutnya ketikan CMD pada Run dan tekan enter 
  3. Masuk ke Local Disk kamu yang akan dihilangkan virus shortcutnya, contoh masuk pada local disk D dengan mengetik D: pada CMD 
  4. Selanjutnya ketikan attrib -h -r -s /s /d *.* pada CMD
  5. Kemudian ketik \\ del autorun.inf
  6. Ketik \\ del * .lnk

Keterangan :
  • h untuk menampilakan file tersembunyi / hidden.
  • r untuk membaca file / read file.
  • s untuk sistem.
  • -h -r -s untuk menghapus properti-properti.
  • /s untuk memproses semua file
  • /d untuk memproses semua folder.
  • *.* adalah semua file dengan semua ekstensi.\\ del autorun.inf untuk menghapus file autorun.inf
  • \\ del * .lnk untuk menghapus gambar virus shortcut

Itulah beberapa langkah untuk menghapus virus sortcut dan autorun.inf pada komputer, agar komputer kamu tidak terinfeksi virus lagi maka sebaiknya untuk menginstal program antivirus. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat...

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *