Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Tiba-Tiba Pada Flashdisk/Komputer

Mengembalikan Data Yang Hilang Pada Flashdisk dan Komputer - Assalamualaikum, selamat pagi sahabat ilmu-wongcilik.com. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi pengalaman yang mungkin menurun anda sangat sepele akan tetapi mudah-mudahan dapat membantu bagi yang saat ini sedang mengalami datanya hilang secara tiba-tiba. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada penyimpanan exsternal seperti flashdik umumnya dan juga hardisk exsternal, bahkan juga terjadi pada hardisk internal pada komputer anda. Sebelum melangkah jauh yuk kita ketahui dulu penyebab umum terjadinya hilangnya sebuah data pada komputer/flashdisk secara tiba-tiba.

cara mengembalikan data pada hardisk exsternal
Mengembalikan data yang hilang


Penyebab Data Pada Hardisk/Flashdisk Hilang Padahal Tidak Di Delet


Data Pada Hardisk/Flashdisk Hilang Setelah Melakukan Scan Antivirus
Pada kasus pertama ini hilangnya data terjadi setelah kita melakukan scaning antivirus pada komputer ataupun flashdisk, tujuan dari scaning antivirus tersebut padahal untuk membersihkan perangkat penyimpanan kita dari beragam jenis virus yang tentunya sangat menghambat serta mengganggu kinerja dari perangkat tersebut. Akan tetapi, hasil ahir dari proses scan tersebut data-data pada komputer/flashdisk hilang seperti salah satu contohnya yaitu data berupa foto,video,dokumen, serta beberapa folder-folder penting lainya.

Baca juga : Cara Mudah Merubah Partisi GPT Menjadi MBR

Data Pada Flashdisk Hilang Setelah Dicolokin Ke Komputer Orang Lain
Pada kasus yang kedua ini sangat sering terjadi kususnya bagi anda yang mempunyai flashdisk. Seperti yang kita ketahui bahwa flashdik merupakan media penyimpanan yang dapat dengan mudah untuk dibawa serta digunakan untuk mengambil data ataupun file pada komputer lain. Dengan kemudahan tersebut membuat kita lupa untuk menganalisa apakah komputer yang akan kita ambil datanya menggunakan flashdisk ataupun hardisk external tersebut sudah terhindar dari hinggapan virus? tentu hal ini sangat sulit untuk kita hindari, sehingga pada ahirnya flashdisk/hardisk external kita terinfeksi virus yang system kerja dari virus tersebut menyembunyikan file serta data pada perangkat penyimpanan anda.

recovery data pada flashdisk
Mengembalikan data yang hilang
data hilang mendadak pada flashdisk
Mengembalikan data yang hilang

Perhatikan dari kedua gambar diatas, Jika kita lihat dari gampar pertama bahwa data pada Local Disk F DATA II tidak terdapat datanya sama sekali dan terdapat keterangan this folder is empty, sedangkan jika kita lihat dari gambar kedua tersebut kapasitas yang terpakai cukup banyak yakni 82,8GB. Dalam kondisi seperti ini kadang ada sebagian pengguna komputer mengabaikan kondisi ini dan ada sebagian lain yang panik karna pada local disk tersebut terdapat banyak data yang sangat penting sekali.
Setelah kita ambil contoh mengenai penyebab data hilang secara tiba-tiba, dari beberapa penyebab serta contoh gambar diatas maka dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya data pada komputer/flashdisk anda tidak terhapus, akan tetapi hanya tersembunyi/disembunyikan oleh virus yang system kerjanya menyembunyikan fila/data pada media penyimpanan.

Solusi Mengembalikan Data Yang Hilang Secara Tiba-Tiba


Memunculkan data yang terhiden/tersembunyi sebenarnya cukup mudah dan simpel, anda dapat melakukan cara ini dengan beberapa opsi, bisa menggunakan cara manual ataupun menggunakan antivirus smadav. Smadav merupakan antivirus yang salah satu fungsinya dapat memunculkan data yang tersembunyi pada komputer anda. Untuk cara manualnya dapat anda lakukan dengan masuk pada menu Organize=>Folder and search options, Maka akan muncul popup baru dan silahkan buka tab view dan rubah seperti pada gambar dibawah

mengembalikan data pada hardisk yang hilang
Mengembalikan data yang hilang





Dengan begitu maka selamat file atau folder pada perangkat penyimpanan anda dapat muncul kembalik, Sekina dulu mengenai cara mengatasi file atau data yang hilang secara tiba-tiba pada hardisk/flashdisk serta beberapa penyimpanan lainya seperti microSD ataupun MMC. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat...

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *