Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Pengertian Dan Fungsi Matherbord Komputer

Pengertian & Fungsi Motherboard  ~ Matherbord yang biasanya ada yang menyebutnya juga mainbord,  tergolong ke dalam kategori perangkat keras komputer (Hardware). Hardware atau dalam bahasa Indonesia dinamakan perangkat keras computer  ialah komponen pendukung komputer yang pada dasarnya dapat dilihat dan disentuh. Hardware pula dapat diartikan sebagai media penerima & mengolah data . Sebenarnya kelompok hardware sendiri cukup banyak, salah satunya yaitu Matherboard yang mana perangkat ini memiliki peran penting pada komputer. 

inilah penegrtian matherbord komputer

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas detail mengenai matherbord mulai dari pengertianya hingga fungsinya. Untuk lebih jelasnya langsung saja silahkan simak dibawah ini

Pengertian Motherboard Komputer


Pengertian Motherboard ialah papan sirkuit berbentuk pcb yang memiliki rangkaian tertentu dan berbagai jenis komponen elektronik yang saling terhubung satu sama lain, dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), RAM (memori penyimpanan data sementara), Chipset (pengatur koneksi input-output), prosesor & Additional card (PCI, ISA), VGA card (memori penyimpan data grafis).  Untuk itu tak heran bila matherbord tergolong ke kategori perangkat komputer yang sangat penting. Sebab bila pada komputer tidak terdapat matherbord maka komputer tersebut tidak bisa dihidupkan.

Fungsi Matherbord Komputer 

Fungsi dari motherboard ialah untuk menghubungkan semua komponen pendukung komputer, seperti hardisk, memmori/ram, prosessor, vga card, cd-rom, dan perangkat tambahan lainya. Artinya matherbord di sini mengemban pekerjaan yang cukup berat dalam menghubungkan/mentranslit bahasa kode antar perangak keras supaya masing-masing perangkat dapat bekerja sama sehingga menjadi sebuah komputer.
Tips Membel Matherbord Yang Terbaik 

Jika Kamu mau membeli motherboard, Kamu mesti menyesuaikan dengan perangkat keras lainya yang akan dipakai. Artinya, Kamu mesti menyesuaikan socket yang ada di Motherboard dengan hardware yang lain, seperti salah satunya  Procesor & RAM. Sebab pada dasarnya seluruh motherboard tidak mempunyai wujud socket yg sama.
Berikut beberapa alternatif yang dapat kamu jadikan acuan ketika akan membeli sebuah matherbord komputer :

Merk Motherboard

Memilih merek matherbord tentu tidak asal sembarangan, sebab dari banyaknya merek pasti memiliki kelebihan serta kekuranganya, mulai dari kualitas tinggkat ketahanan matherbord tersebut  hingga kecepatanya . Beberapa merek matherbord yang direcomendasikan yaitu merek Asus, Gigabyte, Asrock atau MSI.


Chipset (Socket Processor)

Pastikan kamu membeli Motherboard Intel dengan jenis  socket LGA 1150 keatas, karena sudah mendukung processor intel generasi terbaru yaitu intel  4 generation i3, 15 dan i7 Haswell series. Sedangkan untuk AMD pilih matherbord dengan jenis  socket AM3 karena jenis ini sudah mendukung  processor  AMD terbaik.


PCI Express

Pastikan motherboard yang kamu beli sudah memiliki PCI Express untuk Graphic Card, Hal tersebut dapat menunjang kamu yang khususnya hoby akan bermain game atau untuk desain grafis. Sebab untuk memenuhi kebutuhan tersebut kamu harus menambahkan VGA Card  yang berukuran besar, Sedangkan jenis VGA Card yang terbaru saat ini yakni VGA PCI Express.


SATA (Storage Interface)

Pastikan matherbord yang akan kamu beli sudah terdapat soket SATAnya,  Sebab jika kamu membeli hardisk yang kapasitasnya cukup besar, hampir rata-rata jenis soket pendukung hardisk tersebut yaitu soket SATA. 

Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan yaitu jenis Soket Sata Tersebut, Sebagai contoh kamu membeli Hardisk Caviar Blue SATA III 6Gbs, sedangkan soket SATA yang terdapat pada mainbord kamu menggunakan SATA III 3 Gb/s, bisa saja digunakan akan tetapi hasil kinerjanya kurang maksimal. Jadi kesimpulanya adalah belilah matherbord yang sesuai dengan spesifikasi yang diminat perangkat pendukung lainya.

Kapasitas Memory

Peratikan pada kemampuan matherbord tersebut dalam membaca memory/RAM. Setidaknya harus mampu membaca kapasitas memory maksimum 8 Gb walaupun Dual chanel. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah bila suatu saat ingin mengupgrade RAM/Memory dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Di indonesia saat ini sangat banyak sekali merek-merek matherbord yang dijual dipasaran, terkadang dari banyaknya merek banyak vendor yang kurang memperhatikan kualitasnya, Untuk itu kamu harus lebih jeli dalam memilih merek apa atau jenis metherbord apa yang akan digunakan.  Faktor ini ditunjukan dgn persaingan yg ketat antara pembuat mainboard.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang dapat penulis sampaikan diatas dapat membantu kamu untuk lebih paham lagi mengenai mainbord komputer. Jangan lupa baca juga artikel penting lainya seperti Cara Mengoptimalkan Ram Komputer dan juga Pengertian Dan Fungsi Prosessor. Semoga Bermanfaat...

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *