Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Tips Menghemat Baterai Di Android 100% Efektif

Cara Jitu Menghemat Baterai Android ~ Pengguna android saat ini memang sangat banyak sekali, Namun apakah Kamu pernah merasa sering bahkan sangat sering kehabisan baterai ketika sedang asik menggunakan smartphone android kamu? bahkan anda merasa begitu boros sekali baterai pada sistem operasi android sehingga mau tidak mau anda harusmelakukan recharge baterai. 

Sebenarnya baterai dari perangkat smartphone android bisa lebih irit, yang mana hal tersebut dapat kamu lakukan bilamana kamu mengerti sebab dari borosnya baterai tersebut.

Dari berbagai banyak masalah penyebab baterai boros, terdapat beberapa penyebab utama yang perlu kamu tahu agar baterai pada perangkat android kamu lebih awet dan tidak terlalu boros lagi. salah satu penyebab baterai pada perangkat android kamu cepat habis diantaranya yaitu sebagai berikut : 

bagaimana+cara+menghemat+baterai+android

9 Penyebab Baterai Hp Android Kamu Jadi Cepat Habis

Kecerahan Pada Layar Smartphone
Salah satu hal yang berpengaruh cukup signifikan adalah kecerahan dari layar handphone kamu. Untuk membuktikan hal ini kamu dapat melihat pada details Baterai pada menu Setting, dengan begitu maka akan terlihat berapa persen penggunaan dari daya yang digunakan akan terlihat rincianya. Jika Kamu tidak melakukan pengaturan dengan baik maka secara otomatis perangkat Android kamu akan sering mengalami kehabisan baterai pada saat Kamu sedang asik menggunakannya.

Google service
Merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai pengontrol pada Perangkat Android milik Kamu, Bukan sekedar hanya sebagai pengisi Google Play Store aja. Aplikasi ini juga berfungsi untuk memberikan  layanan/servis lain yang salin terhubung satu sama lain diantaranya yaitu :

Google Account Manager 
Yaitu layanan Google untuk melakukan sinkronisasi data dari akun google milik kamu pada server. Sehingga dengan begitu ketika ada pemberitahuan/notifikasi baik email maupun notifikasi lainya secara otomatis akan terkirim ke handphone melalui pelantara jaringan internet

Google Play Services 
Yaitu layanan yang menyediakan segala aplikasi yang Kamu gunakan, bahkan tidak hanya itu Google Play Services juga menggunakan lokasi kamu untuk menentukan kecocokan aplikasi sesuai dengan negara Kamu.

Google Service Framework 
Yaitu sebuah layanan google yang Bertanggung jawab terhadap segala aktifitas komunikasi Kamu ketika sedang menggunakan perangkat Android, salah satunya yaitu aplikasi Hangouts dalam mode messaging/perpesanan.

Network location
Yaitu berfungsi untuk pendeteksi lokasi ketika Kamu mengaktifkan fitur GPS (Global positioning System) pada perangkat Android.

Google Contacts Sync 
Yaitu berfungsi untuk melakukan sinkkronisasi antara kontak pada handphone dengan kontak yang ada pada akun google Kamu (kontak email)

Wi-Fi dan Bluetooth
Seperti yang kita ketahui bahwa kedua perangkat ini digunakan untuk melakukan hubungan Antara satu perangkat ke perangkat yang lainya, atau juga digunakan untuk menghubungkan koneksi internet. Sehingga ketika layanan ini tidak dimatikan, maka secara otomatis keduanya akan terus mencari jalur akses atau jaringan lain, sehingga akan terus berjalan pada system meskipun tidak tampak pada layar smarphone kamu.

Sinyal
Sinyal dapat diartikan sebagai gelombang elektrik yang disalurkan kepada satu perangkat ke perangkat lain untuk menerima ataupun melakukan transfer data. Umumnya pada perangkat Android terdapat beberapa macam jenis sinyal, antara lain yaitu :

GPRS (General packet radio service), Yaitu gelombang yang mampu melakukan transfer dengan kecepatan rendah yaitu 60 sampai 80 kbps atau sekitar 7.5 sampai 10 kBps. Biasanya pada perangkat Android sinyal ini ditandai dengan huruf G.

Edge (enhance data rates for global information), yaitu pengembangan selanjutnya dari sinyal GPRS. Ketika Anda menggunakan sinyal ini, kecepatan yang bisa Anda dapatkan biasanya sekitar 236 kbps atau sekitar 29.5 kBps. Jenis sinyal ini ditandai dengan huruf E pada perangkat Android Kamu.

3G (third generation technology), Yaitu sinyal yang memiliki kapasaitas transfer lebih besar dibandingkan sinyal GPRS ataupun EDGE, yang mana memiliki kecepatan sekitar 2 Mbps atau 250 KBps. Jenis sinyal ini biasanya terdapat  pada kota-kota besar di indonesia, biasanya jenis sinyal ini ditandai dengan simbol 3G pada perangkat Android Kamu.

HSPA (high speed packet access), disaat kamu sedang menggunakan signal ini pada perangkat Android kamu, maka akan mendapatkan kecepatan hampir mencapai 11 Mbps. Pengguna sinyal ini biasanya akan menemukan tanda H pada perangkat hp android.

Penjelasan akan jenis-jenis sinyal diatas tentunya akan membantu Kamu dalam menentukan sinyal yang akan Kamu gunakan dan kelangsungan hidup dari baterai pada perangkat Android Kamu. 

Artinya semakin cepat sinyal yang digunakan, maka otomatis resource dari battery pun juga akan semakin banyak digunakan sehingga baterai akan cepat habis. Selain jenis-jenis sinyal diatas sebenarnya juga telah ada sinyal LTE atau 4G,namun hal tersebut juga akan berbanding lurus sesuai dengan kemampuan baterai pada smartphone android Kamu.

Cara Agar Baterai Pada Android Lebih Awet


Setelah Kamu mengetahui beberapa hal yang menjadikan baterai pada smartphone kamu lebih cepat habis, Tentunya langkah yang perlu kamu lakukan saat ini yaitu bagaimana cara agar supaya daya tahan baterai pada smartphone kamu lebih awet dan tidak boros.

Dengan begitu mungkin beberapa langkah sederhana ini akan membantu mengurangi borosnya battery pada perangkat Android Kamu.

Kurangi kecerahan pada layar dan sesuaikan dengan kebutuhan Kamu, Contohnya yaitu ketika dalam keadaan gelap maka kecerahan dapat Kamu minimalkan/kurangi sehingga dengan begitu secara otomatis dapat meminimalisir pemborosan pada baterai.

Lakukan penonaktifan fitur Wi-Fi ketika tidak kamu gunakan. Terkadang hal sepele ini sering kita anggap ringan dan lalai untuk menonaktifkan kembali ketika habis menggunakan jaringan Wi-Fi ketika ditempat umum. Dengan begitu maka kamu akan menghemat baterai

Hentikan beberapa sinkronisasi layanan pada Perangkat kamu jika sedang tidak dibutuhkan. Hal seperti ini selain akan memboroskan battery juga akan membuat kuota internet kamu cepat habis.

Fitur GPS memang terkadang kita butuhkan untuk mendeteksi tempat ataupun jalan, apalagi saat Kamu sedang berada dalam perjalanan. Namun ketika kamu sedang tidak membutuhkanya alangkah baiknya untuk menonaktifkan fitur ini, Karena hal ini juga akan memboroskan baterai pada smartphone android kamu.

Selain beberapa langkah di atas, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai pengatur sistem dan Aplikasi Android kamu. Aplikasi tersebut sudah tersedia banyak untuk Android yang sudah di root Ataupun belum. 

Begitulah beberapa tips untuk meminimalisir pemborosan baterai pada perangkat android kamu. Jangan lupa baca juga tips android lainya seperti Cara Mudah Merubah Nama Bluetooth Di Semua Android dan juga Cara Menghilangkan Suara Sentuhan Di Android. Mudah-mudahan dapat membantu dan semoga bermanfaat

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *