Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

10 Jenis Kabel Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui

Macam-Macam Kabel Komputer Dan Fungsinya  ~ ilmu-wongcilik ~ Pada Komputer ataupun Laptop terdapat beberapa lubang/port, salah satunya  seperti Port USB. Akan tetapi selain port usb juga terdapat port yang lainya, Dari bermacam-macam port tersebut mungkin masih banyak yang belum kamu ketahui namanya serta fungsinya masing-masing. 

Jenis Kabel Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin yang sering kita jumpai dan sering kita gunakan ketika menggunakan komputer ataupun laptop  yaitu port usb dan vga. Port usb yakni sering kita gunakan untuk mentransfer data dari komputer ke flashdisk misalnya. kemudian port vga sering kita gunakan untuk menampilkan gambar dari komputer ke monitor atau dari laptop ke proyektor ketika sedang presentasi.

Jenis-Jenis Kabel Pada Komputer


Sebenarnya dari beberapa port yang terdapat pada komputer tersebut memiliki fungsi masing-masing, dengan media tambahan kabel penghubung tentu beberapa port tersebut dapat digunakan. Lalu kabel jenis apa saja yang dibutuhkan oleh beberapa port tersebut..? Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan tentang macam-macam kabel pada komputer yang harus kamu ketahui.

Berikut Jenis-Jenis Kabel Komputer Beserta Fungsinya


1. Kabel VGA (Video Graphics Array)

Fungsi Serta Pengertian Kabel VGA
Diera tahun 1980 kabel koneksi VGA merupakan kabel standart komputer dan monitor yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor untuk menampilkan kinerja pada komputer. Akan tetapi akhir-akhir ini kabel ini telah menurun dari popularitas karena pergeseran menuju koneksi digital analog. Walaupun menurun kabel jenis ini masih banyak digunakan oleh pengguna komputer.

2. Kabel DVI (Digital Visual Interface)

Pengertian dan fungsi kabel DVI

Kabel DVI harid menjadi penerus dari kabel VGA, hal ini terjadi karena perubahan teknologi analog ke digital. Contohnya seperti Monitor LCD  yang terbukti memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dan jernih. Pada kabel DVI terbagi menjadi tiga jenis yaitu :
  • DVI-A mampu mengirimkan sinyal analog serta memungkinkan kompabilitas dengan VGA
  • DVI-D mampu mengirimkan sinyal digital yang lebih baru
  • DVI-I mampu memberikan dukungan untuk analog dan juga digital

3. Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Pengertian dan Fungsi Kabel HDMI

HDMI (Hight-Definition Multimedia Interface) adalah standar antarmuka (interface) yang digunakan pada berbagai perangkat audiovisual atau kabel VGA seperti televisi definisi tinggi (High Definition) dan home teater. Terdiri dari 19 kabel yang dibungkus menjadi satu, HDMI mampu membawa Bandwidth hingga 5 Gbps (gigabits per detik) tentu hal tersebut sangat luar biasa. HDMI tidak melakukan kompresi sinyal sebab HDMI bekerja secara digital, HDMI mampu mengirimkan sinyal video dan audio secara bersamaan, beda dengan pendahulunya yang menggunakan sistem analog.

4. Kabel USB (Universal Serial Bus)
Pengertian dan fungsi kabel USB

Saat ini Hampir setiap device periferal atau perangkat pendukung komputer seperti keyboard, mouse, flashdisk, hardisk exsternal, cd rom exsternal menggunakan port USB. Perangkat tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga kita Sehingga tak heran bila port USB sangat sering kita gunakan bila sedang menggunakan komputer. USB sendiri hadir dengan 3 versi yaitu :
  • USB 1.0/1.1 mampu mentransfer data hingga mencapai 12 Mbps
  • USB 2.0 mampu mentransfer data hingga mencapai 480 Mbps yang saat ini paling banyak digunakan
  • USB 3.0 mampu mentransfer data hingga mencapai 4,8 Gbps

5. IDE (Integrated Drive Electronics)

pengertian dan fungsi kabel IDE

Merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan hardisk dan Optical Drive (DVD) ke mainbord komputer, akan tetapi jenis kabel ini saat ini sudah jarang digunakan lagi. bila kamu masih menggunakan komputer Pentium IV kebawah mungkin masih menemukan jenis kabel ini. Ciri Ciri kabel ini yaitu bentuknya lebar dan bagian ujungnya pipih tapi memiliki banyak lubang. Sedangkan pada ujung Kabel IDE memiliki 40 sampai 44 pin.

6. SATA (Serial Advanced Technology Attachment)

pengertian dan fungsi kabel SATA
kabel SATA adalah perkembangan dari  IDE, fungsi dari kabel ini yaitu sama seperti IDE yakni untuk menghubungkan antara hardisk dan Optical Drive (DVD). Hanya saja pada jenis kabel SATA ini mampu mentransfer data lebih cepat bila dibandingkan dengan IDESehingga saat ini keberadaan IDE sudah mulai langka ditemui, hal tersebut disebabkan karena hadirnya teknologi SATA yang telah menggeser keberadaan IDE. Ciri dari jenis kabel ini yaitu memiliki dua konektor dan pada masing masing konektor terdapat 7 pin, sedangkan bentuk pada ujung konektornya menyerupai huruf L.

7. eSATA (External Serial Advanced Technology Attachment)

pengertian dan fungsi kabel eSATA

eSata merupakan jenis kabel perbaikan SATA, hal ini dapat kita lihat dari ciri-ciri dan bentuknya yang sama. Hanya saja pada kabel ini memungkinkan kita untuk menghubungkan hardisk exsternal ke komputer. Jadi sebenarnya jenis kabel eSATA ini tidak jauh beda dengan SATA.

8. FireWire

pengertian dan fungsi kabel FireWire

Kabel FireWire merupakan kabel yang hampir mirip dengan kabel USB yang memiliki fungsi untuk melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi. Jenis kabel ini biasanya sering digunakan pada perangkat yang membutuhkan bandwidth tinggi seperti printer dan scanner. Kabel FireWire terdapat dua jenis yaitu 1394a yang mampu memberikan kecepatan transfer 400 Mbps dan 1394b yang mampu memberikan kecepatan transfer 800 Mbps.

9. Ethernet
pengertian dan fungsi kabel jaringan

Kabel Ethernet adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer ke internet, biasanya jenis kabel ini sering kita temukan pada lab-lab komputer ataupun kantor-kantor yang terhubung pada jaringan internet. Ciri dari kabel ini yaitu terdapat 8 jenis kabel dengan warna yang berbeda-beda mulai dari oren,putih oren, hijau, putih hijau, biru, putih biru, coklat, dan putih coklat. kemudian dari bermacam-macam warna tersebut dapat disusun menjadi 2 susunan kabel Straight dan Cross yang memiliki fungsi yang berbeda. Akan tetapi saat ini Jenis kabel Ethernet yang sering digunakan yaitu terdapat 3 jenis, antara lain :
  • Kabel Cat 5 adalah jenis yang paling sering digunakan saat ini, mampu memberikan kecepatan 10 Mbps atau 100 Mbps
  • Kabel Cat 5e adalah jenis Cat 5 yang telah ditingkatkan, mampu mencapai kecepatan maksimal 1000 Mbps
  • Kabel 6 adalah teknologi terbaru dari kabel ethernet, mampu mencapai kecepatan 10 Gbps

10. Front Panel

pengertian dan fungsi Front Panel

Jenis kabel ini digunakan sebagai indikator pada komputer, seperti indikator hardisk, power, serta juga digunakan untuk swit power dan restart. Jenis kabel ini memiliki bentuk yang sangat kecil bila dibandingkan dengan beberapa kabel yang lainya seperti diatas. akan tetapi kabel ini meiliki peran penting pada komputer. Jika tanpa kabel ini mungkin komputer kamu tidak dapat dihidupkan.

Itulah Jenis-Jenis kabel pada komputer yang umumnya sering kita gunakan, bila dari beberapa jenis kabel diatas masih ada yang kurang lengkap silahkan luangkan waktu kamu untuk menambahkanya melalui kotak komentar dibawah. 

Jangan lupa baca juga artikel penting lainya seputar komputer seperti  Cara Melihat Kapasitas Ram Yang Terpakai Di Komputer dan juga Pengertian Dan Fungsi Prosessor. Semoga bermanfaat...

Previous
Next Post »

1 komentar:

ryan sudarno delete March 8, 2016 at 9:14 PM

ok bosss artikelnya ,ini sangat bermanpaat buanget .trims....buanget

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *