Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Apa Itu BootLoop? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

3 Cara Mengatasi BootLoop Pada Android ~ Bootloop pada android yaitu sebuah masalah diaman hampir dialami oleh semua jenis gadget smarphone atau tablet yang bersystem operasi Android. Sedangkan pengertian Bootloop adalah adanya masalah pada sistem Android yang mana tidak dapat melakukan startup hingga masuk ke menu home pada smartphone tersebut, melainkan kembali lagi ke proses awal dimana seperti ketika kamu menghidupkan smartphone tersebut, dalam arti kata lain smartphone mengalamai restart terus menerus. Kondisi tersebut terjadi secara terus menerus sehingga smartphone kamu tidak dapat digunakan seperti biasanya.
3 Cara Mengatasi BootLoop Pada Android

Solusi Mengatasi BootLoop Pada Semua Android


Sebenarnya cara mengatasi bootloop yang terjadi pada android tidak semua sama, hal tersebut dikarenakan bootloop yang terjadi pada os android tersebut disebabkan oleh banyak hal. Sehingga terkadang cara yang mungkin kamu temukan tidak berhasil diterapkan pada smartphone kesayangan kamu. Namun tidak ada salahnya bila kamu mencoba beberapa tips berikut untuk mengatasi bootloop pada smatphone kamu.

Baca Juga :



3 Tips Mengatasi Bootloop Yang Terjadi Pada Android Kamu


1. Android Light Bootloop

Bootloop ini sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah. karena jenis bootlop ini biasanya terjadi akibat menginstalan apk ataupun ketika bermain game dan  tiba-tiba Android kamu restart sendiri dan tidak bisa masuk ke tampilan home kembali.

Cara mengatasi :

Biasanya hal seperti ini dapat diatasi dengan cara mencabut baterai dari smartphone kemudian dipasang kembali dan diaktifkan. Akan tetapi bila terjadi pada tablet sedikit agak sulit untuk dilakukan, hal ini dikarenakan baterai pada tamblet terhubung langsung dengan perangkat. Sehingga untuk mengatasinya kamu harus melepaskan baterai tersebut dengan cara mensoldernya agar timah yang menempel pada baterai dan perangkat dapat dilepas.

2. Android Medium Bootloop

adalah bootloop yang biasa terjadi ketika pengguna mencoba untuk mengoprek sistem Android seperti melakukan root pada system android. Bootloop jenis ini tentu masih bisa diselamatkan karena kamu masih bisa masuk ke dalam recovery mode.

Cara mengatasi :

Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan PC windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original ataupun CWM. Cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, untuk yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.

3. Android Hard Bootloop

Adalah bootloop tingkat akhir yang mana hal ini terjadi akibat ada modifikasi file Android sehingga terjadi ketidaksamaan dan mengakibatkan kerusakan pada file Android tersebut. Hal ini biasanya terjadi akibat rooting dan mengubah script seperti font, menghapus aplikasi original, partisi memori, salah instal custom rom, dan lain lain.

Cara mengatasi :

Kamu dapat melakukan flasing ulang dengan memperhatikan jenis-jenis cipset beserta spesifikasi os android yang diminta oleh smarphone kamu. atau silahkan download stok room original bawaan smarphone kamu.

Begitulah 3 tips untuk mengatasi beberapa jenis bootloop yang umumnya terjadi pada smartphone android. mudah-mudahan beberapa tips tersebut dapta memberikan solusi pada smartphone kamu. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *