Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Pengertian Dan Fungsi 7 Layer OSI Pada Jaringan Komputer

Fungsi 7 Lapisan OSI Layer Pada Jaringan Komputer. System kinerja yang dilakukan oleh 7 layer OSI yaitu ketika data di transfer melalu jaringan komputer, sebelumnya data tersebut harus melewati ketuju layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi sampai layer physical. kemudian oleh penerima maka bersifat kebalikanya, data tersebut melewati layer physical sampai layer aplication. Ketika saat melewati layer dari pengirim data, maka akan ditambahkan satu "header" sedangkan dari sipenerima "header" dilepaskan sesuai dengan layernya.

Pengertian Dan Fungsi 7 Layer OSI Pada Jaringan Komputer

Berikut ini Fungsi 7 Lapisan Layer OSI

1. Physical
Bertanggung jawab untuk memproses data menjadi bit kemudian mentransfernya melalui media seerti kabel dan menjaga koneksi fisik antar system.
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan seperti metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan, dan pengkabelan. Selain itu, Layer Physical ini juga berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

2. Datalink
Berfingsi untuk mengatur proses pengiriman data dari interface yang berbeda, Seperti salah satu contohnya yaitu proses pengiriman data dari ethernet 802.3 menuju ke Heigh Level Data Link Control (HDLC), pengiriman data WAN.

3. Network
Berfungsi untuk mendefinisikan pengiriman data dari ujung ke ujung dengan menentukan jalur rute yang akan di ambil dalam pengiriman data tersebut dan menjaga antrian trafik di jaringan.

4. Transport
Berfungsi untuk memecahkan data dalam paket-paket tertentu hingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima. Dan melakukan multiplexing terhadap data yang datang, kemudian mengurutkananya jika datangnya tidak berurutan.

5. Sesion
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana sebuah koneksi dapat dibuat, dipelihara atau di hancurkan dan menjaga koneksi atar terminal sehingga bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain.

6. Presentation
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana format suatu data sepertiASCII texs, GIF dan JPG. Protokol yang berdapa dalam layer ini seperti perangkat lunak director (redictor software) contohnya layanan workstation dalm windows NT dan juga Remote Dekstop Protocol (RDP).

7. Application
Berfungsi untuk menyediakan layanan komunikasi pada suatu aplikasi antar komputer dan mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses suatu jaringan kemudian dapat membuat pesan-pesan kesalahan. contoh : HTTP, FTP,SMTP dan NFS.

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *