Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Cara Memperbaiki Hardisk Badsector

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Badsector. Hardisk Bad Sector memang kendala yang sering muncul dan terjadi pada sebuah hardisk. Pengertian Hardisk Badsector yaitu kondisi dimana bagian dari hardisk mengalami bad atau kerusakan sehingga tidak dapat di akses oleh system. Ciri-Ciri hardisk yang badsector diantara lain yaitu proses kinerja komputer menjadi lambat ( Lemot ). Mungkin rasanya kepengen marah ya sob ketika kita sedang memakai komputer namun kinerjanya sangat lemot padahal situasinya lagi sangat genting. ( sangat menjengkelkan menurut saya hal seperti itu )

Sebenranya ada banyak faktor penyebab hardisk badsector ( Baca Juga 7 Faktor Penyebab Hardisk Rusak/Badsector ) dan faktor-faktor tersebut sering kita lalaikan setiap sedang memakai komputer atau laptop sehingga mengakibatkan kerusakan pada hardsik. ya kalo rusaknya masih dalam masa garansi sih gak terlalu membebankan ya sob, tahu sendiri harga hardisk saat ini mahal hehehe :)

Badsector pada sebuah hardisk dibagi menjadi dua bagian yaitu Hard Bad Sector dan Soft Bad Sector. Hard Bad Sector tidak dapat kita perbaiki karena kerusakanya terdapat pada fisik hardisk tersebut akibat "Head Crash" head crash yaitu kondisi dimana head hardis terjadi kontak dengan platter, sehingga mengakibatkan kerusakan pada hardisk. selain itu  mungkin terdapat goresan pada piringan hardisk atau melemahnya komponen-komponen hardisk berdasarkan kurun waktu yang lama. Sedangkan Soft Bad Sector merupakan kerusakan pada system hardisk dan dapat di perbaiki menggunakan software bawaan dari windows yaitu CHKDSK

Berikut Ini Cara Mempebaiki Hardisk Badsector

1. Buka windows explorer atau bisa dengan menekan tombol ( Windows+E ) pada keybord
2. Kemudian klik kana dan pilih Properties pada Disk Drive yang akan di cek atau diperbaiki
3. Masuk ke tab Tools dan klik Check Now pada error checking seperti pada gambar dibawah
klik untuk meperbesar
4. Kemudian ceklist semua pada pilihan chekdisk opsion dan klik Start
klik untuk memperbesar
5. Maka komputer akan restart secara otomatis dan akan memakan waktu yang lumayan lama

Begitulah sob cara memperbaiki hardisk yang badsector menggunakan software bawaan windows CHKDSK, sebenarnya masih banyak cara lain untuk menghilangkan badsector pada hardisk. Kamu bisa menggunakan software HDD Regenerator atau bisa dengan Low Level Format Tools. Jika sobat menggunakan Low Level Format sangat disarankan untuk membackup dahulu data-data yang terdapat pada hardisk.

oh iya dukung kami ya sob dengan like fanspage facebook kami, satu like dari sobat sangat membantu saya untuk tetap menulis dan berbagi pengetahuan di blog ini. ini sob alamat fanspage facebook kami https://www.facebook.com/ilmuwongcilik makasih ya sob atas dukunganya


Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *