Blog Seputar Tutorial Komputer, Printer, Windows, Android, Blackberry, Dan Informasi Teknologi

Cara Partisi Hardisk Tanpa Menggunakan Software

partisi hardiskPartisi hardisk?? apa itu..! partisi hardisk ialah membagi tempat atau ruang hardisk pada komputer kita sehingga terdapat beberapa drive disk pada komputer kita contoh drive C, D, E.
 
kenapa harus dibagi ya.hehe.. :) oke saya kasih simulasi sederhana, misalnya anda punya rumah ternyata di rumah anda hanya terdapat 1 ruang saja dari depan sampai belakang, tidak ada kamar tidur tidak ada ruang keluarga tidak ada dapur tidak ada. jadi... tidurpun jadi 1, makanpun jadi 1, bahkan masakpun jadi satu diruangan itu.. hahaha gmana perasaan anda? pasti sangat sangat gak nyaman.
Begitulah pada komputer jika komputer anda hanya dibuat partisi hanya 1 drive aja misal drive ( C ) lalu semua data-data anda tercampur menjadi 1 dengan system dan ketika komputer anda rusak dan tidak bisa masuk windows lagi apa langkah yang hrus anda lakukan? pasti menginstal ulang windowsnya kembali dan all hasil mau tidak mau anda akan kehilangan semua data-data yang ada pada komputer anda karna tersimpan menjadi satu pada drive ( C ). untuk antisipasi agar data-data kita aman maka kita harus mempartisi hardisk pada komputer kita sehingga terdapat ruang baru kusus untuk menyimpan/menempatkan data-data kita.

oke langsung saja kita ke TKP.
1. langkah pertama adalah silahkan anda buka windows explorer kemudian klik kanan pada "my computer=>manage" seperti pada gambar dibawah.

partisi hardisk


 2. Kemudian akan muncul jendela seperti dibawah dan pilih "disk managemen"

partisi hardisk

3. Kemudian klik kanan pada partisi hardisk kita yang mau dibagi  dan pilih "shrink volume"

partisi hardisk

4. Kemudian tentukan Jumlah kapasitas drive yang mau dibuat melalui kotak "enter the amount of space to shrink mb"  jika sudah silahkan klik "shrink"

partisi hardisk

5. maka jika berhasil akan muncul gambar seperti dibawah. kemudian klik kanan dan pilih
 "new simple volume"

partisi hardisk

6. kemudian klik next.

partisi hardisk

7. lanjut next lagi.

partisi hardisk

8.  kemudian pilih " assign the following drive letter"
partisi hardisk
 
9.  kemudian berikan label drive yang mau kita buat  dan lanjut klik "next"
partisi hardisk

10. finish.
partisi hardisk

tunggu sebentar hingga proses format selesai. kemudian cek di explorer apakah sudah bertambah drive baru yang kita buat tadi. jika berhasil maka akan bertambah drive baru seperti pada gambar dibawah.

partisi hardisk


Cukup sekian tentang cara partisis hardisk tanpa menggunakan software, terimakasih atas kunjungan anda. jika kurang jelas atau ada yang mau dipertanyakan silahkan tinggalkan jejak pada kotak komentar dibawah. :)

Previous
Next Post »

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Matur Nuwon Sanget Atas Perhatiane Panjenengan Sedoyo. Salam Blogger Wongcilik.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *